Blogger Widgets

Selasa, 09 Juli 2013

PENTINGKAH?????




Pendidikan merupakan modal utama untuk hidup di zaman yang penuh persaingan seperti saat ini. Di zaman modernisasi dan globalisasi, dbutuhkan keterampilan, wawasan dan pengetahuan, agar kita bisa bersaing di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Tiga hal tersebut bisa diperoleh melalui lembaga pendidikan formal dan juga pendidikan non formal seperti seminar-seminar, pelatihan/kursus dan lain-lainnya.sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa tingkat kesejahteraan pada umumnya sangat bergantung pada tinggi rendahnya tingkat pendidikan. Seseorang dengan pendidikan yang tinggi akan memiliki tingkat kesejahteraan yang baik, sebaliknya seseorang dengan pendidikan yang rendah akan memiliki tingkat kesejahteraan yang kurang baik. Mungkin anggapan itu tidak benar seutuhnya, banyak orang di luar sana yang berpendidikan rendah, tetapi mernggi.Di tengah kemajuan-kemajuan pendidikan yang kita raih, masih ada persoalan yang kita hadapi. Salah satunya adalah masalah partisipasi siswa yang merupakan ujung tombak bagi perkembangan pembangunan nasional untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.Pendidikan yang tinggi memang bukan suatu syarat mutlak untuk mencapai kesuksesan. Tetapi, paling tidak pendidikan dapat memberikan jaminan bagi kehidupan seseorang....Memang sering kita melihat di sekitar kita, ada begitu banyak kenyataan yang terkadang membingungkan juga. Seperti seorang yang hanya bermodal Sekolah Dasar/SLTP/SLTA saja kehidupan ekonominya jauh sangat lebih menjanjikan ketimbang seseoarng yang berpendidikan tinggi... namun hal itu sekiranya tidak menjadi penghalang untuk seseorang dapat terus menuntut ilmu,  karena hanyalah sebagian kecil orang saja yang seperti itu, dan sebagian besar kesuksesan diraih dengan mengembangkan ilmu yang prnah didapatkannya ketika mengikuti pendidikan Formal.  Namun, hal ini tentunya perlu juga diperhatika dengan bukan hanya memberikan pendidan formal tetapi pendidikan non formal juga.  kendati demikian, Kurangnya informasi tentang dunia Pendidikan, dan kurangnya sosialisasi  tentang pentingnya seseorang dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, menjadi salah satu faktor kurangnya partisipasi siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga mereka bingung harus kemana setelah lulus nanti.  Sebagai Orang yang Pernah Terlebih dahulu menjadi Pelajar  di Bangku Kelas 3 SMA/SMK kita pernah dihantui  Pertanyaan seperti:

LULUS UJIAN AKHIR????????? KULIAH DI MANA????. kerja di mana nantinya????Pertanyaan ini tentunya sangat menyiksa...

nah,,, Biar Para Penerus Kita tidak lagi dibebani pikiran seperti itu, KITA sebaiknya menjadi salah satu Penyedia Informasi Tambahan.

nah,,, Biar Para Penerus Kita tidak lagi dibebani pikiran seperti itu, KITA sebaiknya menjadi salah satu Penyedia Informasi Tambahan.
nah,,, Biar Para Penerus Kita tidak lagi dibebani pikiran seperti itu, KITA sebaiknya menjadi salah satu Penyedia Informasi Tambahan.nah,,, Biar Para Penerus Kita tidak lagi dibebani pikiran seperti itu, KITA sebaiknya menjadi salah satu Penyedia Informasi Tambahan.
Saya sangat mengharapakan dukungan agar terselenggaranya seminar dengan tema :"Persiapkan Dirimu Menuju PT(atau sejenis Pendidikan Formal Lainnya) dan atau  Dunia Kerja". 





B.  PERUMUSAN MASALAH
  1.  Kurangnya informasi bagi para Peserta Didik khusus kelas 3 SLTA/Sederajat tentang    Perguruan Tinggi (atau sejenis sekolah formal lainnya);
  2.  Kurangnya sosialisasi tentang pentingnya seseorang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi;
  3. . Kurangnya kesadaran akan pentingnya meningkatkan kreatifitas dalam menghadapi persaingan  di Dunia Kerja.
C.  MAKSUD dan TUJUAN KEGIATAN
1.Maksud Kegiatan
a.Membagikan informasi tentang dunia Perguruan Tinggi (atau sejenis Sekolah Formal lainnya);
b.Memberikan pemahaman tentang pentingnya memperoleh Pendidikan yang lebih tinggi;
c.Meningkatkan kesadaran akan pentingnya meningkatkan kreatifitas diri menghadapi persaingan Dunia Kerja.
2.Tujuan Kegiatan
a.Peserta Didik dapat menentukan pilihan untuk dapat melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (atau sejenis Sekolah Formal lainnya) dan atau langsung terjun ke Dunia Kerja;
b.Peserta Didik dapat memahami betapa pentingnya memperoleh Pendidikan yang lebih tinggi;
c.Peserta Didik dan Pemerhati Pendidikan dapat meningkatkan kreatifitas diri menghadapi persaingan Dunia Kerja.

D.  KEGUNAAN HASIL KEGIATAN
1.    Bagi Peserta Didik kelas 3 SLTA/Sederajat:
a.Dapat dijadikan sebagai informasi tambahan sebelum menentukan pilihan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi(atau sejenis Sekolah Formal lainnya) dan atau langsung terjun ke Dunia Kerja.
2.Bagi Pemerhati Pendidikan
a.Dapat menjadi bahan referensi guna membantu Peserta Didik dalam Menentukan Pilihan.
3.Bagi Anna’s Matchless Organizer
a.Dapat mendukung Visi: “Meningkatnya Kreatifitas Peserta Didik dan Kawula Muda dalam bidang Pendidikan Non Formal.

Terima kasih,
Andapun dapat memberikan masukan melalui email saya melalui:


terima kasih, semoga perjalanan usaha dan karya anda senantiasa diberkati Yang Kuasa.

Kegiatan ini akhirnya dapat terealisasi 14 Oktober 2013.


Kedua Pemateri siap membagikan Pengalaman
Pematri1:Lucius Luly(Kasubdin Biro Organisasi Sekda Prov.NTT)

Peserta terlihat mendengarkan materi yang disajikan,  

Pimpinan Jasa EO Anna Matchless Organizer telihat sedang Membantu Pemateri 1 dlaam membuat rancangan kedepan dari  peserta
Pemateri 2;Motivator Pendidikan mencoba melakukan pendekatan emosiaonal dalam membantu Peserta didik Menentukan Pilihan.

Kak Berto, menggunakan simulasi tentang kekuatan keyakinan dapat melakukakn apa saja yang kita impikan


Peserta Memcoba Merangkai mimpi
dengan cucuran air mata, Peserta Merangkai sejuta Mimpi

usai seminar merekapun saling salaman...

Sebelum pulang mereka sepakat untuk mengabadikan 
Sebelum pulang mereka sepakat untuk mengabadikan 

 PANLAK; di dukung oleh PT. Sarana Meraih Sukses(PT.SMS) 


mohon bantuan share ide, jika ada yang ingin kembangkan menjadi sebuah komunitas peduli pendidikan.

7 komentar:

  1. Nice blog.

    http://blogziip.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Menyelengarakan seminar tentang pendidikan sangatlah penting skali guna memotifasi keluarga,masyarakat dan kaun muda. Memang di era modernisasi dan Globalisasi, sangatlah jelas bahwah ada persaigan dan kompetisi di antara uma manusia untuk mempertahan kan hidup, persaigan dan kompetisi ini tidak mengenal batas dan tidak pandang bulu.persaigan dalam keterampilan, keahlian and profesionalitas sangatlah di tuntut. Globalisasi merupakan faktor pendorong terbentuknya era modernisasi ini. Oleh karna itu adanya motifasi dalam pendidikan sangatlah penting. sangatlah penting juga apabila keterampilan, keahlian dan profesionalitas memunculkan inovasi baru dalam berpikir dan berbuat. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kk OZY CRUS............... itulah yang menjadi kerinduan sy.. Obrigado Primu

      Hapus
  3. Ide briliant yang tidak semua anak muda pikirkan. Sebagai salah satu pekerja yang bergelut di bidang pendidikan, saya sangat senang ada ide untuk menyelenggarakan seminar sejenis ini. Dalam pandangan saya, saya setuju dengan ide utama yang Ana angkat seputar fakta miris dunia pendidikan sekarang. Secara pribadi saya akan sangat mendukung seminar ini. Jika ada yang bisa saa bantu akan saya usahakan. Sekedar usul, ide ini perlu direalisasi secepatnya dengan membuat sebuah panitia kecil sehingga rencana kegiatan bisa terakomodir dengan baik.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kk' Selusfahik...................
      secepatnya terselnggrkn kk,,, september & Oktobr tahun ini juga kk

      Hapus
  4. kegiatan ini telah dilaksanakan tanggal 14 Oktober 2013 di Aula-Lama UNDANA-Penfui dengan pembicara Bapak. Lucius Widodo Luly(Kasubbag Tata Laksana Biro Organisasi Setda-NTT) dan Bapak. Alberto Ximenes dan di hadiri oleh peserta didik SLTA/ sederajat Se-Kota Kupang-NTT dan di liput langsung oleh Teman-teman Media Harian Pagi Timor Express

    BalasHapus